Langsung ke konten utama

Jenis-jenis Kopi Asli Indonesia Yang Mendunia

Kopi adalah salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia. Banyaknya jenis kopi asli Indonesia yang berhasil menembus pasar ekspor membuktikan bahwa kopi Indonesia memang memiliki kualitas yang unggul. Kondisi alam dan iklim di Indonesia memungkinkan biji kopi tumbuh dengan subur dan menghasilkan kopi dengan cita rasa yang tiada duanya. Berbagai jenis kopi Indonesia terbaik kini menjadi favorit di mancanegara. Berkat kerja keras berbagai pihak, kini kopi Indonesia mendunia dan patut untuk dibanggakan.

Rasa yang kuat menjadi keunggulan utama produk kopi Indonesia. Selain itu, setiap proses yang dilakukan selalu mengutamakan keutuhan rasa agar kopi tetap pada kondisi yang maksimal sampai diseduh. Tidak seperti kopi pada umumnya, kopi asli Indonesia memiliki rasa yang khas dan langsung bisa dikenali. Bahkan, kopi Jawa menjadi inspirasi bagi Java, salah satu bahasa pemrograman komputer terpopuler saat ini. Logo resmi bahasa pemrograman ini pun berupa secangkir kopi. Ini membuktikan bahwa kopi Indonesia memang sangat digemari dan menjadi primadona di berbagai belahan dunia. Berikut ini beberapa jenis kopi asal Indonesia yang mendunia.

7 Jenis Kopi Indonesia Yang Mendunia

1. Kopi Gayo Dari Sumatera

Di daerah Sumatera, ada satu jenis kopi Indonesia yang mendunia dan sudah sangat populer hingga ke mancanegara. Nama kopi ini adalah Gayo, kopi arabika khas Sumatera dengan cita rasa yang khas. Ada sedikit perbedaan yang mencolok dari kopi Gayo yang membuatnya semakin unik. Tekstur kopi ini lebih encer, tidak sepekat kopi-kopi pada umumnya. Rasa kopi ini cukup kuat dan tidak terlalu asam.

Yang namanya kopi pasti tidak lepas dari budaya dan tradisi. Di Aceh misalnya, ada kebiasaan yang sedikit unik dalam menikmati kopi Gayo. Tidak seperti kopi lain yang biasanya diseduh, masyarakat Aceh terbiasa merebus kopi Gayo di dalam panci hingga mendidih. Setelah itu, kopi Gayo dituangkan ke gelas yang sudah berisi gula dan susu. Tradisi ini sudah lama dijalankan dan masih sering dilakukan masyarakat Aceh sampai sekarang.

2.Kopi Kintamani Dari Bali

Selain dikenal sebagai objek wisata favorit, Bali juga memiliki produk kopi unggulan bernama kopi Kintamani. Kopi berjenis arabika ini cukup unik karena mengandung asam citrus yang cukup dominan. Selain itu, ada aroma wangi bunga yang akan kamu dapatkan dari kopi Kintamani. Dari tingkat kekentalan maupun keasaman, kopi Kintamani tergolong netral dan tidak terlalu tinggi.

Saat ini, kopi Kintamani sudah menembus pasar luar negeri. Tujuan ekspor utama kopi Kintamani adalah Jepang, Eropa, dan beberapa negara di wilayah Arab. Dengan cita rasa yang khas, kopi Kintamani menjadi salah satu kopi Indonesia yang mendunia.

3. Kopi Toraja Dari Sulawesi

Bumi Sulawesi juga memiliki produk kopi indonesia yang mendunia bernama kopi Toraja. Sama seperti kopi Gayo dan Kintamani, kopi Toraja juga tergolong sebagai kopi arabika. Rasa kopi ini pun sedikit unik. Rasa pahit kopi yang sudah familiar hanya akan terasa pada tegukan pertama dan langsung hilang saat itu juga. Selanjutnya, rasa yang paling dominan adalah rasa sepat tanah atau yang biasa disebut earthy.

Kopi Toraja memiliki tingkat keasaman yang cukup rendah. Cita rasa yang unik menjadikan kopi ini sangat digemari di Jepang dan Amerika. Terutama karena kedua negara ini memiliki kebiasaan minum kopi yang sesuai dengan karakteristik kopi Toraja.

4. Kopi Java Ijen Raung dari Bondowoso

Nama kopi yang satu ini memang sedikit unik. Java Ijen Raung, kopi arabika khas Bondowoso menjadi salah satu produk kopi Indonesia yang mendunia. Agak berbeda dari jenis kopi lain, Java Ijen Raung memiliki sedikit rasa pedas. Ditambah dengan aroma bunga hutan yang cukup kuat, Java Ijen Raung berhasil menembus pasar internasional.

Sejak diekspor pertama kali pada tahun 2011, popularitas Java Ijen Raung terus mengalami peningkatan. Bahkan hingga 2016, total kopi Java Ijen Raung yang sudah diekspor mencapai 43 kontainer yang setara dengan 858,91 ton kopi. Jumlah ini terus mengalami peningkatan yang menandakan bahwa peminat kopi Java Ijen Raung di luar negeri juga semakin bertambah.

5. Kopi Liberika Dari Meranti, Riau

Selain kopi Gayo, Sumatera juga memiliki produk kopi unggulan lain bernama kopi Liberika. Banyaknya jenis kopi yang berasal dari Sumatera mengindikasikan bahwa penikmat kopi dari wilayah tersebut memang cukup besar. Kopi Liberika ini sudah menyabet pencapaian yang patut diapresiasi. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari situs disperin.riau.go.id, kopi Liberika telah meraih Sertifikasi Indikator Geografis.

Tidak berhenti sampai di situ, kopi Liberika juga mendapat apresiasi dari Direktor Jenderal Kekayaan Intelektual Nasional RI sebagai salah satu hasil pertanian terbaik yang dimiliki oleh Indonesia. Wah, tidak heran kalau kopi ini begitu populer hingga ke mancanegara. Adapun negara tujuan ekspor kopi Liberika yang paling utama masih berasal dari negara tetangga kita, yaitu Malaysia dan Singapura.

6. Kopi Arabika Flores Dari NTT

Dari daerah Nusa Tenggara Timur, ada salah satu kopi Indonesia yang mendunia. Tepatnya di daerah Flores, kopi berjenis arabika ini memiliki rasa yang lebih manis daripada kopi lainnya. Saat mencoba kopi Flores, Anda akan menemukan rasa coklat yang cukup dominan dengan sedikit rasa vanili yang menciptakan perpaduan yang khas. Sensasi after taste kopi Flores ini agak nutty, yaitu sensasi yang serupa dengan rasa kacang.

Kopi Flores telah menembus pasar internasional sebagai salah satu komoditas kopi unggulan asli Indonesia. Negara Paman Sam (Amerika) sendiri menjadi target ekspor kopi Flores yang paling besar, disamping negara-negara lain yang juga menaruh minat yang tinggi pada kopi Flores.

7. Kopi Temanggung Dari Jawa Tengah

Di daerah Temanggung juga ada produk kopi Indonesia yang mendunia bernama kopi Temanggung. Berbeda dari enam jenis kopi arabika di atas, kopi Temanggung sendiri tergolong sebagai robusta. Salah satu keunikan yang dimiliki kopi Temanggung adalah aroma tembakau yang cukup kuat. Kopi ini memiliki rasa pahit yang pekat, sangat cocok untuk penikmat kopi sejati.

Popularitas kopi Temanggung di dunia internasional sudah tidak diragukan lagi. Mulai dari negara-negara di benua Eropa, wilayah Amerika Latin, hingga negara-negara Timur Tengah menjadi target ekspor kopi Temanggung. Tidak heran jika kopi ini menjadi salah satu produk unggulan dan kebanggaan Indonesia.

Nikmatnya Cita Rasa Kopi Indonesia Yang Mendunia

Itulah 7 jenis kopi Indonesia yang mendunia. Dengan rasa dan aroma yang khas, kopi Indonesia menjadi produk unggul di kalangan pecinta kopi internasional. Tingginya tingkat permintaan dari luar negeri menandakan bahwa kopi Indonesia memang sangat diminati di kancah internasional. Kita patut mengapresiasi pencapaian ini. Sebagai pecinta kopi, ada baiknya untuk mencoba 7 jenis kopi di atas. Selain untuk memuaskan keinginan kita sebagai penikmat kopi, juga untuk meningkatkan rasa cinta tanah air. Kita patut bersyukur karena bumi Indonesia sangat ideal sehingga mampu menumbuhkan berbagai jenis kopi dengan cita rasa yang unik dan khas. Indonesia adalah surganya para pecinta kopi.

Komentar