Langsung ke konten utama

Bukan Cuma Nikmat, Kopi Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan kopi? Jenis minuman yang satu ini sudah sangat familiar di telinga masyarakat. Kopi merupakan salah satu minuman favorit yang memiliki begitu banyak penggemar. Cita rasa yang khas dan sensasi rasa yang unik menjadi candu bagi para pecinta kopi. Banyaknya jenis kopi memberikan lebih banyak pilihan. Setiap jenis kopi mempunyai karakter rasa yang berbeda yang mampu memanjakan para pecinta kopi. Setiap orang juga punya jenis kopi favoritnya masing-masing dengan alasan yang berbeda-beda.

Bagi orang yang belum terbiasa, kopi mungkin terasa terlalu pahit. Tapi jika dinikmati secara rutin, ada kenikmatan tersendiri yang tidak bisa didapatkan dari jenis minuman lain. Setelah menjadi penikmat kopi, pasti ada yang kurang kalau sehari saja tidak minum kopi. Mulai dari sarapan, menjalani aktivitas, hingga saat bersantai di malam hari selalu ditemani kopi. Lebih dari sekadar minuman, kopi menjadi bagian dari budaya dan gaya hidup yang melekat pada masyarakat. Kopi menjadi salah satu menu wajib yang selalu tersaji di setiap acara.

Selain rasanya yang begitu nikmat, ternyata kopi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho! Manfaat kopi untuk kesehatan sudah dibuktikan oleh banyak pihak melalui berbagai metode penelitian. Hasilnya, kopi yang diolah dengan baik dan diminum sesuai takaran yang tepat bisa menjadi salah satu kunci hidup sehat. Berbagai macam zat yang terkandung di dalam kopi bisa menjadi penangkal penyakit berbahaya. Jadi selain rasanya yang nikmat, kopi juga direkomendasikan karena manfaatnya yang begitu besar. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca ulasan di bawah ini

5 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan.

Menurunkan Berat Badan

Masalah berat badan berlebih atau obesitas adalah salah satu hal yang paling ditakuti, terutama bagi kaum hawa. Berat badan yang di atas rata-rata akan berpengaruh pada penampilan fisik yang kurang menarik. Padahal, penampilan fisik juga sangat penting untuk diperhatikan. Penampilan yang menarik akan sangat membantu dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari karir hingga hubungan asmara. Kepercayaan diri seseorang meningkat drastis bila memiliki berat badan yang jdeal. Sebaliknya, penderita obesitas seringkali merasa malu dan minder saat berinteraksi dengan orang lain.

Selain itu, menjaga berat badan ideal juga penting agar tubuh tetap sehat. Banyak penyakit berbahaya yang mengancam orang-orang dengan berat badan berlebih. Itulah mengapa begitu banyak orang berlomba-lomba menurunkan berat badan dengan berbagai metode diet. Nah, Salah satu manfaat kopi untuk kesehatan adalah menurunkan berat badan. Kandungan kafein dan klorogenat dalam kopi bisa menjadi penurun berat badan yang sangat efektif. Jadi,.kopi bisa menjadi bagian dari menu diet yang perlu dikonsumsi secara rutin.

Mencegah Diabetes

Salah satu penyakit mematikan yang paling ditakuti adalah diabetes. Orang yang sudah mengidap diabetes harus menjalani pola makan yang sangat ketat. Ada banyak jenis makanan yang dilarang untuk dikonsumsi penderita diabetes. Jumlah korban yang meninggal akibat diabetes juga tidak sedikit. Parahnya, resiko diabetes juga menjadi lebih tinggi pada anak yang orang tuanya menderita diabetes.

Salah satu manfaat kopi untuk kesehatan yang paling penting adalah mencegah diabetes. Menurut hasil penelitian yang dilakukan di Australia pada tahun 2009, 1 cangkir kopi bisa menurunkan resiko diabetes hingga 7%. Hasil penelitian ini dimuat dalam archives of internal medicine. Mengkonsumsi kopi secara rutin bisa menjadi cara mencegah diabetes yang paling efektif dibalik rasa kopi yang nikmat.

Mencegah Kanker.

Selain diabetes, kanker juga menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan. Ada banyak jenis makanan yang mengandung zat karsinogen pemicu kanker. Umumnya, penyakit kanker baru menunjukkan gejala saat sudah memasuki stadium lanjut. Padahal di tahap ini pengobatan kanker menjadi lebih sulit dilakukan dan biayanya juga sangat mahal. Tidak heran jika penyakit ini menelan begitu banyak korban jiwa.

Di sinilah salah satu manfaat kopi untuk kesehatan. Kopi mengandung banyak antioksidan dan anti-inflamasi yang berperan penting dalam pencegahan penyakit kanker. Bahkan, jenis kopi espresso memiliki 2 hingga 3 kali lipat kandungan zat anti kanker. Ini membuktikan bahwa kopi adalah salah satu penangkal kanker yang paling ampuh, sekaligus yang paling nikmat.

Mencegah Pikun

Salah satu penyakit yang banyak menyerang orang-orang lanjut usia adalah kepikunan. Penyakit ini ditandai dengan penurunan daya ingat secara signifikan. Orang yang menderita pikun akan kehilangan sebagian besar memorinya. Walaupun dianggap wajar dan sering ditemukan, semua orang pasti berharap untuk terhindar dari kepikunan. Bukan hal yang asing lagi dimana orang yang sudah lanjut usia melupakan banyak hal, termasuk nama orang-orang terdekat.

Salah satu cara untuk menghindari pikun adalah dengan mengkonsumsi kopi secara rutin. Mencegah kepikunan adalah salah satu manfaat kopi untuk kesehatan. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan di Swedia dan Denmark bahwa mengkonsumsi kopi 3 hingga 5 cangkir dalam sehari bisa menurunkan resiko penyakit pikun hingga 65%. Kopi bisa menjadi solusi jitu untuk meningkatkan daya ingat dan mencegah kepikunan

Mengurangi Stres.

Berbagai rutinitas dan kesibukan sehari-hari tentu berakibat pada kesehatan mental seseorang. Bila tidak mendapatkan porsi istirahat dan refreshing yang cukup, seseorang bisa saja mengalami stres akibat berbagai tekanan yang didapatkan. Padahal, stres bisa sangat merugikan, baik secara fisik maupun mental. Orang yang mengalami stres juga memiliki resiko lebih besar terhadap berbagai gangguan kesehatan. Sudah jatuh, tertimpa tangga pula.

Untuk itu, luangkan waktu untuk beristirahat dan relaksasi secara berkala. Manfaat kopi untuk kesehatan adalah mengurangi stres. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard School Of Public Health, mengkonsumsi 4 sampai 5 cangkir kopi dalam sehari bisa menurunkan resiko stres hingga 20%. Jadi, siapkan kopi untuk menemani waktu istirahat agar pikiran menjadi lebih rileks dan tenang. Jika dilakukan setiap hari, emosi akan menjadi lebih stabil dan terhindar dari stres.

Rutin Minum Kopi Agar Hidup Lebih Sehat

Demi mendapatkan manfaat kopi untuk kesehatan secara maksimal, konsumsi rutin sangatlah dianjurkan. Usahakan untuk mengkonsumsi 3 hingga 5 cangkir kopi setiap hari. Tetapi jangan berlebihan karena bisa berakibat buruk pada kesehatan lambung. Sesuaikan takaran kopi dengan kondisi kesehatan. Selain itu, pengolahan kopi juga harus dilakukan dengan cara yang tepat untuk mendapatkan rasa kopi yang kuat dan manfaat yang maksimal.

Dengan takaran dan cara pengolahan yang tepat, manfaat kopi untuk kesehatan pun bisa benar-benar dirasakan. Kopi menjadi alternatif terbaik untuk menu hidup sehat karena rasanya yang nikmat. Apalagi untuk para pecinta kopi, pasti sangat bersemangat untuk lebih rutin minum kopi setelah membaca lima manfaat di atas. Bagi yang belum terbiasa minum kopi, ada baiknya jika mencoba dan membiasakan diri dari sekarang. Dibandingkan minuman lain, kopi jauh lebih nikmat sekaligus bermanfaat.

Komentar